Cara Menyapu Lantai Dengan Cepat dan Benar

,
Cara Menyapu Lantai Dengan Cepat dan Benar

Baca Juga


Cara menyapu lantai dengan cepat dan benar - Menyapu lantai merupakan suatu pekerjaan yang mudah untuk dilakukan, namun secara kebiasaan untuk dideskripsikan, menyapu lantai juga memiliki prosedur serta cara yang perlu untuk diketahui. 

Mengapa demikian, karena bagaimanapun juga segala bentuk kerjaan mesti ada tata cara dan langkah-langkah yang wajib dipelajari meskipun pekerjaan tersebut tergolong mudah, seperti menyapu lantai. 

Jika dilihat dari kerjaan rutinitas yaitu seorang ibu rumah tangga, sepertinya tidak perlu lagi untuk tahu prosedur dan cara menyapu. Ibu rumah tangga sudah lebih mahir secara natural dan mampu untuk menyalurkan kebiasaan yang menjadi tugas pokok kepada anak-anaknya sebagai pelajaran sejak dini untuk menjaga kebersihan dirumah, sekolah atau lingkungaan sekitar. 

Untuk itu, alangkah baiknya jika kali ini kita coba untuk membahas prosedur cara menyapu lantai dengan cepat dan benar secara detail agar menambah pengetahuan.

Prosedur cara menyapu lantai yang baik dan benar

Seperti apa prosedur cara meyapu lantai yang baik dan benar. Pertama, pastikan ada sapu yang disiapkan untuk menyapu. 

Usahakan sapu yang digunakan dalam kondisi baik, bukan berarti harus dengan harga yang mahal tetapi cukup memiliki kualitas standar untuk digunakan harian. 

Sapu bisa berbahan dari ijuk atau plastik buatan. Jika ingin membeli sapu jenis ijuk, usahakan yang tidak mudah lepas dari penjepit sapunya, jadi pada saat disapu tidak ikut berhamburan malah menjadi sampah baru dilantai. 

Selanjutnya pada saat mulai menyapu lantai, pastikan lantai tidak dalam kondisi basah atau lebih fatal lagi lantai bekas dipel namun tidak disapu terlebih dahulu, sehingga debu dan sampah yang ada semakin melekat dilantai dan sulit untuk disapu. 

Pahami betul dasar-dasar sebelum menyapu lantai sehingga menguasai teknik dan prosedur menyapu lantai yang baik dan benar.

Cara menyapu lantai dengan cepat sampai selesai

Kedengarannya saja sudah ahli, bisa menyapu lantai dengan cepat. Cara menyapu seperti ini juga memiliki teknik khusus walau kelihatannya sederhana. 

Saat-saat dimana kesibukan dirumah dan menjadi tanggung jawab yang harus dikerjakan diluar aktifitas lainnya, cara menyapu lantai dengan cepat dan benar juga perlu diketahui dan dikerjaan pada waktu-waktu tertentu. 

Misalkan kita ada urusan yang mendadak pada saat kita sedang menyapu lantai, cara ini bisa dilakukan dengan melihat beberapa sisi ruangan. 

Segera sapu lantai yang terlihat lebih kotor dan pada sudut-sudut ruang tertentu saja, contohnya kamar, ruang tengah atau ruang yang tiap hari sering melakukan aktifitas disitu, kejar itu dulu, selebihnya bagian yang tidak terlalu kelihatan kotor bisa menyusul setelah kita kembali kerumah dengan waktu luang dan santai untuk meyapu lantai.

Cara memegang sapu yang benar sesuai prosedur

Bukan hanya teknik dan prosedur yang benar, sampai cara memegang sapu juga harus diperhatikan. 

Salah dalam memgang gagang sapu, maka menyapu lantai tidak akan maksimal dikerjakan. Sebelum mulai menyapu lantai, pegang gagang sapu dibagian atas dengan erat. Cukup satu tangan kanan atau kiri. 

Ukuran gagang dan berat sapu biasanya rata-rata sudah standar, jadi tidak ada yang diameternya terlalu besar atau dengan berat yang berlebih untuk mengharuskan melakukan gerakan menggunakan dua tangan. 

Setelah ini dipastikan benar, kemudian lakukan gerakan kedepan dengan mendorong debu atau sampah dari belakang terus kedepan secara bertahap dan rata sampai lantai benar-benar terlihat bersih.

Menyapu lantai menggunakan sapu sesuai jenisnya

Harap diperhatikan untuk jenis sapu yang digunakan agar sesuai dengan lantai yang disapu. Ada beberapa jenis sapu yang biasa digunakan sehari-hari diantaranya:
  1. Sapu ijuk. Sapu jenis ini secara umum paling banyak digunakan untuk dirumah yang menggunakan lantai keramik, papan kayu atau ubin.
  2. Sapu lidi. Sapu tradisional dari jaman nenk moyang yang mempunyai fungsi abadi hingga saat ini, bisa digunakan untuk meyapu lantai atau halaman, bahkan halaman yang dasarnya masih tanah untuk menyapu sampah dedaunan.
  3. Sapu lidi yang keras, biasanya digunakan untuk menyapu jalan raya.
  4. Sapu plastik. Sapu jenis ini hasil pabrikan dengan berbagai variasi dan warna, lebih dikhususkan untuk lantai dari keramik atau marmer.


Demikian beberapa uraian singkat tentang prosedur dan tata cara menyapu dengan baik dan benar. 

Semoga bermanfaat dan segera untuk mencoba menyapu lantai sesuai tahapan yang telah disampaikan, agar menyapu lantai menjadi asik dan terlatih sehingga bisa menjadi kebiasaan rutin demi kebersihan rumah dan lingkungan.

No comments:

Post a Comment