Resep dan Cara Membuat Bakso Tenis yang Unik Kekinian

Resep dan Cara Membuat Bakso Tenis yang Unik Kekinian

Baca Juga

Fajarcoolz, resep dan cara membuat Bakso Tenis yang unik kekinian - Apa yang terlintas dipikiran Anda ketika mendengar bakso tenis? 

Apakah bola tenis hijau yang memantul karena sedang dimainkan di lapangan tenis? Iya, bakso tenis atau sering juga disebut bakso jumbo atau bakso telur memiliki ukuran yang serupa dengan bola tenis hanya saja warnanya tidak hijau seperti bola tenis yang dimainkan itu.



Bakso tenis termasuk salah satu jenis inovasi dari makanan bakso. Bakso tenis dibuat dengan mencampurkan potongan daging cincang atau telur bulat yang kemudian dilapisi dengan adonan dari campuran daging giling dan tepung tapioka. 

Ternyata mudah loh membuat bakso tenis sendiri! Mau tahu resep dan cara membuat bakso tenis?
Bakso tenis memiliki ukuran yang lebih besar dari pada ukuran bakso pada umumnya. Biasanya bakso tenis bisa menghabiskan ruang dalam wadah satu mangkuk. 

Sering kali, bakso tenis disayat menyerupai bentuk bunga agar ketika dimasak bakso akan matang menyeluruh sampai ke dalam. 

Sayatan ini akan membuat bentuk bakso tenis seperti bunga yang mekar setelah matang dan sayatan ini juga memudahkan Anda dalam menikmati bakso tenis.

Menu baru membuat resep Bakso Tenis yang unik dan Kekinian

Dengan ukuran yang cukup besar, bakso tenis sangat cocok untuk para penikmat bakso yang sedang lapar. Disamping itu, tekstur bakso tenis memberikan sensasi berbeda karena campuran potongan daging cincang membuat teksturnya tidak halus. 

Namun, bagi penikmat bakso tenis tekstur potongan daging cincang membuat rasa bakso tenis menjadi unik. Berikut ini resep dan cara membuat bakso tenis.

Bahan-bahan Bakso Tenis sederhana dan kekinian:

  • 1 kilo gram daging sapi giling
  • 1/4 kilo gram tapiokaa (aci, kanji atau sagu)
  • 1 sendok makan garam
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 6 siung bawang putih haluskan (goreng dahulu)
  • Air es 1 mangkok kecil
  • 2 sendok teh baking powder
  • 2 sendok teh penyedap

Cara membuat Bakso Tenis yang unik:

  1. Campur semua bahan, aduk hingga tercampur rata, didihkan air dalam panci hingga mendidih lalu matikan.
  2. Bentuk adonan bulat-bulat lalu masukkan air panas tadi.
  3. Setelah adonan selesai/habis dibentuk semua, kemudian rebus, kalau bakso mengapung angkat lalu dinginkan.
  4. Sebelum dihidangkan bakso di rebus lagi bersamaan kuahnya.
  5. Bumbu untuk kuah bakso tenis:
  6. Bawang putih, kemiri, garam, merica, penyedap lalu haluskan, tumis lalu kasih air.
  7. Tambahkan tulang sapi atau jeroan atau tetelan sapi.
Bagaimana, informasi resep dan cara membuat bakso tenis di atas sangat mudahkan? Dengan resep dan cara membuat bakso tenis tersebut Anda bisa mencobanya sendiri di rumah. 

Ajak teman dan keluarga Anda untuk ikut mencicipi bakso tenis yang telah Anda buat.



Sebaiknya bakso tenis disantap dalam kondisi yang masih panas agar rasanya lebih nikmat. Ditambah lagi jika kondisi sedang dalam cuaca dingin atau di siang hari bisa menjadi pembangkit semangat untuk beraktivitas kembali. 

Apabila Anda juga termasuk pecinta makanan pedas, sajikan bakso tenis yang masih panas dengan sambal cabai. Jangan lupa taburi bawang goreng dan seledri di atasnya agar lebih nikmat. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment