Resep dan Cara Membuat Bakso Daging Kuah Ketumbar [Dijamin Lezat]

,
Resep dan Cara Membuat Bakso Daging Kuah Ketumbar [Dijamin Lezat]

Baca Juga

Gambar Resep dan Cara Membuat Bakso Daging Kuah Ketumbar

Resep dan cara membuat Bakso Daging Kuah Ketumbar - Musim hujan merupakan musim yang paling nikmat untuk menyantap makanan berkuah dan minuman hangat. Salah satu pilihan makanan yang tepat dan lezat untuk musim penghujan adalah bakso. Makanan yang terbuat dari daging tersebut memiliki cita rasa yang dapat menggoyang lidah ditambah kuahnya yang hangat dan bercita rasa sedap. Oleh karena itu Kita akan membahas tentang resep dan cara membuat bakso daging kuah ketumbar. 

Bakso dan kuah, dua hal yang tidak dapat terpisahkan. Kuah merupakan pelengkap paling sempurna untuk makanan yang terbuat dari daging tersebut. Cita rasa daging yang kenyal ditambah kuah yang hangat membuat khalayak ramai ketagihan dengan makanan ini. Terlebih lagi dari waktu ke waktu, bakso tidak pernah kehilanggan penggemarnya. Hal ini dikarenakan bakso dapat mempertahankan cita rasanya dan selalu membuat inovasi rasa. 

Bakso daging kuah ketumbar menjadi salah satu contohnya, kali ini gubahan yang diberikan terletak pada kuahnya. Selain baksonya, kuah bakso inilah yang menjadi salah satu daya tarik pengunjung. Sehingga berbagai macam inovasi dilakukan untuk tetap mempertahankan peminatnya. 

Ketumbar adalah rempah-rempah yang populer dan banyak digunakan sebagai penyedap berbagai masakan. Selain sebagai penyedap rasa, ketumbar juga baik bagi kesehatan karena memiliki sejumlah kandungan gizi. Diantaranya minyak esensial, asam lemak, zat besi, zinc, magnesium, mangan, potasium, kalsium, tembaga, zat besi, thiamine, niacin, dan juga ribovlafin. 

Berbagai kandungan inilah yang membuat biji ketumbar memiliki manfaat untuk melancarkan menstruasi, mengatasi diabetes, dan dapat mengatasi jerawat. Jika Anda mempunyai beberapa masalah kesehatan tersebut, bakso daging kuah ketumbar bisa menjadi pilihannya. Anda pun bisa memasaknya sendiri di rumah, berikut ini resep dan cara membuat bakso daging kuah ketumbar : 

Bahan-bahan Bakso daging kuah ketumbar

Bahan Bakso
• 300 gram daging sengkel 
• 2 siung bawang putih, iris, goreng, remas-remas
• 2 sendok teh bawang merah goreng, remas-remas
• 1/4 sendok teh penyedap rasa 
• 1 1/2 sendok teh garam 
• 60 ml air 
• 100 gram es serut 
• 150 gram tepung sagu

Bahan Kuah
• 2.000 ml kaldu sapi 
• 6 siung bawang putih, goreng, memarkan
• 4 sendok teh garam 
• 1 1/2 sendok teh gula pasir 
• 1/2 sendok teh merica bubuk 
• 1 tangkai daun ketumbar, ikat

Bahan Pelengkap
• 150 gram bihun, diseduh 
• 100 ml saus sambal belibis

Cara membuat Bakso daging kuah ketumbar

1. Bakso; blender daging sampai hancur dalam chopper. Tambahkan bawang putih, bawang goreng, penyedap rasa, garam, air, dan es serut. Blender lagi sampai rata.

2. Masukkan tepung sagu aren. Blender dengan chopper sampai rata. Angkat.

3. Bentuk bulat dengan tangan. Masukkan dalam air hangat. Saring.

4. Didihkan air. Masukkan bulatan daging. Rebus sampai terapung dan matang. Angkat dan tiriskan.

5. Kuah; rebus kaldu sapi dan bawang putih sampai mendidih dan harum. Tambahkan garam, gula pasir, merica bubuk, dan daun ketumbar. Masak sampai matang.

6. Sajikan bakso daging bersama  kuah dan pelengkapnya.

Resep dan cara membuat bakso daging kuah ketumbar di atas untuk kapasitas 6 porsi. Proses pembuatannya memakan waktu 60 menit saja, bahan-bahannya pun mudah sekali Anda dapatkan di toko kelontong atau supermarket terdekat. Anda bisa mengurangi atau bahkan menambah porsi sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Makanan ini cocok sekali anda hidangkan dan nikmati saat masih hangat bersama keluarga maupun teman-teman Anda. Untuk tambahannya selain bihun dan sambal belibis Anda juga bisa menaburi bawang goreng dan selederi diatasnya. Tambahkan juga pangsit atau kerupuk sebagai pelengkap.  Jika Anda suka manis, tambahkan pula sedikit kecap sebagai pelengkap sambal blibis. Bakso daging kuah ketumbar pun siap Anda nikmati. 

Nah, demikianlah resep dan cara membuat bakso daging kuah ketumbar, sangat mudah bukan? Setelah mengetahui resep dan cara membuatnya secara keseluruhan, segeralah membeli bahan sekaligus bumbunya. Dan Anda pun bisa langsung memasaknya di rumah.  Semoga bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment