Resep dan Cara Membuat Bakso Udang Kuah Pedas [Murah Meriah]

,
Resep dan Cara Membuat Bakso Udang Kuah Pedas [Murah Meriah]

Baca Juga

Gambar Resep dan Cara Membuat Bakso Udang Kuah Pedas

Resep dan cara membuat Bakso Udang Kuah Pedas - Masih seputar bakso, makanan yang terbuat dari daging-dagingan yang mempunyai cita rasa yang enak dan membuat ketagihan bagi penikmatnya. Artikel kali ini akan membahas tentang resep dan cara membuat bakso udang kuah pedas. Sebuah inovasi dari bakso daging sapi pada umumnya yang kemudian dagingnya diganti dengan udang. 

Bakso ini sangat cocok bagi Anda penyuka seafood dan sekaligus penggemar bakso. Kuah adalah salah satu bagian dari bakso yang juga menjadi daya tarik sendiri. Bagi Anda penyuka pedas bakso ini tentunya  sangat cocok untuk Anda nikmati. Daging udangnya yang gurih di padupadankan dengan kuah yang pedas akan membuat lidah anda bergoyang dan ingin menambah lagi dan lagi. 

Manfaat dan kandungan dari Bakso udang kuah pedas

Daging udang mempunyai sumber vitamin yang dapat memenuhi kebutuhan harian Anda. Diantaranya Vitamin D 38%, vitamin B12 19%, Niacin 13%, Vitamin E 5%, Vitamin B6 5%, Vitamin A 4%, dan Vitamin C 3%. Selain vitamin, udang juga kaya akan mineral dan protein. Kandungan protein pada udang dipercaya sebagai protein komplit karena kadar asam aminonya yang tinggi serta proteinnya pun mudah dicerna oleh tubuh. 

Kandungan asam lemaknya bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat. Sementara kandungan proteinnya yang tinggi dan rendah kalori cocok bagi Anda yang sedang melakukan program diet. Vitamin D, B12 dan omega 3 nya dapat membantu meningkatkan kecerdasan dan pertumbuhan anak.  Berikut resep dan cara membuat bakso udang kuah pedas, sehingga Anda bisa membuatnya sendiri di rumah : 

Bahan-bahan Bakso udang kuah pedas

Bahan Bakso Udang
150 gr udang giling
20 ml air es
1/2 sendok teh minyak wijen
1 putih telur
1/2 sendok teh daun ketumbar cincang
1/4 sendok teh kecap ikan
60 gr tepung sagu

Bahan Kuah
1000 ml kaldu ayam
1/2 sendok teh merica bubuk
1 sendok makan garam

Bumbu yang Dihaluskan
3 siung bawang putih goreng
2 buah cabai kering, goreng
1 sendok teh ebi goreng

Cara membuat Bakso udang kuah pedas

1. Untuk membuat bakso : campur udang giling bersama dengan kecap ikan, putih telur dan minyak wijen, kemudian uleni hingga rata.

2. Masukkan air es sedikit sedikit sambil di uleni hingga licin. Masukkan daun ketumbar dan tepung sagu, aduk rata.

3. Bentuk bulat dengan menggunakan sendok lalu masukkan ke dalam air es. Lakukan hal yang sama dengan sisa campuran udang, biarkan setengah keras, lalu saring dan tiriskan.

4. Didihkan air, lalu masukkan bakso udang, masak hingga terapung dan matang. Lalu angkat dan tiriskan.

5. Untuk membuat kuah : rebus kaldu ayam bersama dengan bumbu halus, merica bubuk dan garam. masak hingga kuah harum.

6. Sajikan bakso bersama dengan siraman kuah dan pelengkapnya.

Resep dan cara membuat bakso udang kuah pedas di atas untuk porsi 5 orang. Anda pun bisa menambahkan atau mengurangi jumlah porsi sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk variasinya Anda bisa juga menambahkan jamur kuping dan telur rebus sebagai toping diatasnya, tambahkan juga bawang goreng dan perasan jeruk nipis agar lebih sedap. 

Gambar Bahan-bahan Bakso udang kuah pedas

Bakso ini juga bisa dikonsumsi anak-anak, Anda hanya perlu mengurangi jumlah cabai atau mengganti cabai dengan dua buah tomat chery. Cukup potong tomat kecil-kecil lalu ditumis setelah bawang putih. Sangat mudah bukan?

Setelah mengetahui resep dan cara membuat bakso udang kuah pedas ini, segeralah bergegas membeli bahan-bahan yang diperlukan. Anda pun bisa segera memasaknya untuk orang-orang tersayang. Jangan lupa makanan ini paling enak dinikmati selagi masih hangat dengan tambahan lontong dan pangsit atau kerupuk sebagai pelengkap. Selamat memasak. 



No comments:

Post a Comment