Resep dan Cara Membuat Bakso Ranjau [Penikmat Pedas]

,
Resep dan Cara Membuat Bakso Ranjau [Penikmat Pedas]

Baca Juga

Gambar Resep dan Cara Membuat Bakso Ranjau

Resep dan cara membuat Bakso Ranjau - Bakso ranjau merupakan salah satu varian bakso bagi penikmat pedas. Dari namanya saja, sudah dapat diketahui bahwa bakso ini berisi ranjau berupa irisan cabe rawit.

Sensasi yang diberikan akan membuat mulut Anda serasa ingin meledak. Jika Anda penikmat bakso dan pecinta pedas, bakso ranjau dipastikan cocok untuk Anda. Pada artikel ini Kita akan mengupas resep dan cara membuat bakso ranjau.

Bakso merupakan makanan khas Indonesia yang tidak pernah sepi dari penikmatnya. Dari waktu ke waktu pun banyak sekali inovasi yang dilakukan untuk mempertahankan keeksisannya.

Hal tersebut bisa dilihat dari varian daging untuk membuat bakso yang semakin bermacam-macam. Selain perubahan inovasi pada daging yang digunakan, ada pula inovasi pada isian bakso dan kuahnya.

Dewasa ini, banyak sekali kita temui berbagai jenis varian bakso. Dimulai dari bakso daging sapi, bakso ayam, bakso udang, bakso ikan dan masih banyak lagi. Lalu muncul varian bakso bagi vegetarian, seperti bakso jamur, bakso kentang, dan bakso tempe.

Para pembuat bakso seakan mengetahui selera penikmatnya. Sehingga berbagai macam cara dilakukan agar tidak kehilangan penikmat dan cita rasanya.

Resep dan cara membuat Bakso Ranjau bagi pecinta pedas

Bagi Anda si pecinta pedas, bakso ranjau ini adalah salah satu bakso yang direkomendasikan untuk dinikmati. Sebenarnya, selain bakso ranjau masih banyak varian bakso pedas yang tidak kalah enaknya.

Gambar Resep dan cara membuat Bakso Ranjau bagi pecinta pedas

Namun disini kita hanya akan mengupas mengenai resep dan cara membuat bakso ranjau. Langsung saja simak resep lengkapnya dibawah ini :

Bahan Bakso Ranjau

15 buah cabai rawit merah, iris
100 gr sagu aren
25 gr urat sapi, potong kecil-kecil
2 sdt poly powder
300 gr daging sapi segar, potong-potong
2 sdt garam
150 gr es serut
25 gr putih telur
¼ sdt merica bubuk
½ std penyedap rasa
1 sdm bawang putih goreng
½ sdm bawang merah goreng

Bahan Kuah
500 gr tulang sapi
½ sdt penyedap rasa
25 gr bawang merah goreng
½ sdm gula pasir
1 ½ sdm garam
½ sdt merica bubuk
5 siung bawang putih, goreng dan memarkan
3 tangkai seledri
2,5 liter air

Bahan Sambal
2 siung bawang putih, rebus
6 buah cabai merah keriting, rebus
15 buah cabai rawit, rebus
250 ml air
¼ sdt garam

Cara Membuat Bakso Ranjau

1. Langkah pertama membuat bakso: masukkan daging sapi yang telah dipotong bersama garam dalam food prosesor. Lalu giling sebentar hingga agak lembut.

2. Kemudian masukkan poly powder, es serut, putih telur, penyedap rasa, bawang putih goreng, bawang merah goreng dan juga merica bubuk. Lalu giling sampai lembut.

3. Lalu tambahkan tepung sagu dan giling hingga lembut dan adonan kalis. Tambahkan urat sapi dan juga cabai rawit. Giling sebentar.

4. Setelah itu ambil sedikit adonan dan bentuk menjadi bulat besar. Masukkan ke dalam air hangat lalu rebus hingga matang. Angkat dan tiriskan.

5. Langkah selanjutnya membuat kuah bakso: rebuslah tulang sapi di dalam air bersama daun bawang dan seledri dengan menggunakan api kecil hingga berkaldu. Lalu saring.

6. Tambahkan garam, merica, gula pasir, penyedap rasa dan bawang putih goreng. Masak hingga mendidih. Lalu masukkan bawang merah goreng yang telah diremas-remas dan aduk hingga rata.

7. Langkah selanjutnya membuat sambal: belender halus semua bahan sambal kecuali garam. Lalu rebus hingga mendidih dan tambahkan garam. Aduk hingga rata.

8. Langkah penyajian: tata bakso dan bahan pelengkapnya dalam mangkuk lalu siram dengan kuahnya.

9. Bakso ranjau siap disajikan.

Nah, itulah resep dan cara membuat bakso ranjau yang mantap dan menggoyang lidah. Sebagai bahan tambahannya Anda bisa menambahkan bawang merah goreng, seledri dan daun bawang. Agar lebih padat dan mengenyangkan Anda juga bisa menambahkan mie telur, bihun dan lontong.

Bagi sebagian orang makanan pedas dapat membuat rileks atau bisa menghilangkan stres. Sehingga bakso ranjau bisa menjadi alternatif bagi Anda yang sedang mengalami masalah tersebut. Bakso ini pun bisa Anda santap setiap waktu, asalkan masih dalam tahap wajar.

Namun untuk menambah kelezatannya, Anda disarankan untuk menyajikan selagi hangat. Bakso ranjau cocok dihidangkan dengan es teh manis, es jeruk atau kopi sebagai temannya.

Demikianlah kira-kira resep dan cara membuat bakso ranjau yang pedas. Anda pun bisa segera mempraktekkannya di rumah. Jangan lupa siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang diperlukan sehingga akan mempermudah Anda dalam proses pembuatannya. Semoga bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment