Resep dan Cara Membuat Bakso Sarang Burung Ala Fajarcoolz

Resep dan Cara Membuat Bakso Sarang Burung Ala Fajarcoolz

Baca Juga

Gambar Resep dan Cara Membuat Bakso Sarang Burung

Fajarcoolz, resep dan cara Membuat Bakso Sarang Burung - Indonesia memang surganya bakso terutama di Pulau Jawa. Bakso mudah ditemukan dalam berbagai variasi ukuran, bentuk dan bahan. Salah satu jenis bakso yang patut dicoba yaitu bakso sarang burung. 

Mendengar namanya pasti yang terlintas adalah bentuk sarang burung sungguhan dari ranting dan daun kering. Bakso sarang burung merupakan bakso asal kota Malang, Jawa Timur.

Resep dan cara membuat bakso sarang burung terbilang cukup mudah sehingga bisa dibuat sendiri di rumah sebagai salah satu menu favorit keluarga. Selain mudah dibuat bakso sarang burung juga lebih lezat dan menyehatkan bagi tubuh.

Bakso sebagai bola daging berkuah ini sering juga menjadi santapan hangat saat cuaca sedang dingin. Umumnya disajikan dengan rasa yang lebih pedas akan semakin nikmat. Bakso terbuat dari daging sapi yang digiling lalu dicampur rata dengan tepung tapioka. 

Beberapa bakso kadang terbuat dari daging ayam, ikan atau udang yang digiling lalu dicampurkan tepung tapioka, tergantung selera. Bakso disajikan dengan penambahan mie kuning, bihun, taoge, irisan sawi, taburan bawang goreng dan seledri.

Resep dan Cara Membuat Bakso Sarang Burung

Sementara bakso sarang burung ini terbuat dari bermacam-macam bahan sehingga membentuk seperti sarang burung. Bakso sarang burung ditambahkan dengan isian irisan wortel, daun bawang, soun dan jamur kuping lalu dibentuk bulat menyerupai telur puyuh. 

Bakso ini disajikan seperti sup bersama mie kuning, wortel dan kentang. Penasaran? Berikut ini resep dan cara membuat bakso sarang burung.

Bahan-bahan yang Digunakan Untuk Membuat Bakso:

- 250 gr ayam cincang,
- 250 gr udang cincang
- 100 gr wortel, potong kotak kecil
- 25 gr soun, rendam lalu iris kasar
- 5 gr jamur kuping, rendam dalam air panas, tiriskan dan iris halus
- 4 sendok makan tepung sagu
- 1 sendok makan daun bawang, iris halus
- 1 sendok makan kecap asin
- 1 butir telur
- ½ sendok teh lada
- ½ sendok teh garam

Bahan Kuah Kaldu Bakso Sarang Burung:

- 1500 ml air
- 250 gr tulang ayam
- Kulit udang
- 4 siung bawang putih, iris tipis, goreng dan haluskan
- 2 batang daun bawang, iris halus
- 1 sendok teh garam
- 1 sendok teh minyak wijen
- ½ sendok teh lada

Cara Membuat Bakso Sarang Burung :

1. Kaldu : rebus tulang ayam, kulit udang dan air sampai mendidih lalu kecilkan apinya dan masak sampai air tinggal setengah, angkat dan saring.
2. Campur semua bahan bakso kemudian aduk rata. Panaskan kaldu, ambil adonan bakso dengan 2 buah sendok teh, bentuk bulat-bulat lalu masukkan kedalam kaldu dan masak sampai mendidih.
3. Setelah bakso matang, tambahkan minyak wijen lalu masak sampai mendidih.
Angkat dan sajikan masakan bakso sarang burung ini bersama taburan bawang goreng dan seledri di atasnya.



Itulah resep dan cara membuat bakso sarang burung yang mudah, sederhana dan bisa dibuat sehari-hari. 

Cukup gampang ditiru sebagai masakan rumahan. Selain menyehatkan, bakso sarang burung juga bisa disimpan untuk persediaan makanan sebagai frozen food. Rasanya tetap nikmat dan lezat terutama jika tetap disajikan dalam kondisi hangat.

Agar bakso memiliki kekenyalan yang sempurna memang membutuhkan ketelitian lebih untuk merasakan campuran bahan bakso telah kalis atau rata secara menyeluruh. Namun jangan khawatir, bakso sarang burung masih sangat sedap meskipun kekenyalannya kurang pas karena bakso sarang burung terbuat dari bahan-bahan kaya kandungan gizi. 

Selamat mencoba mempraktekannya resep dan cara membuat bakso sarang burung di rumah dan menjadi alternatif menu favorit keluarga.

No comments:

Post a Comment