Resep dan Cara Membuat Chocolate Kurma [Menu Buka Puasa]

,
Resep dan Cara Membuat Chocolate Kurma [Menu Buka Puasa]

Baca Juga

gambar Resep dan cara membuat Chocolate Kurma

Resep dan cara membuat Chocolate Kurma - Kurma identik dengan buah yang disantap sebagai kudapan untuk berbuka puasa. Tumbuhan yang diyakini berasal dari lembah Sungai Nil ini selain dinikmati dalam keadaan segar atau kering, juga cocok diolah menjadi aneka camilan lezat dan bergizi. 

Salah satunya yaitu Chocolate Kurma yang sangat mudah diolah dan tidak memerlukan banyak peralatan untuk menyiapkannya. Sebelum kami sajikan resep dan cara membuat Chocolate Kurma, pelajari dulu nutrisi kurma yang harus Anda tahu.

Kandungan nutrisi dan vitamin yang terdapat didalam chocolate kurma

Kurma sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari karena memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi. Buah kurma segar mengandung fruktosa dan dektrosa yang dapat menggantikan energi yang hilang dengan cepat. 

Kurma juga mempunyai kandungan vitamin C sebagai antioksidan yang dapat melindungi sel-sel di dalam tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Selain itu, kurma juga memiliki zat besi, potasium, dan kalium yang dapat membantu mengendalikan detak jantung serta tekanan darah, sehingga mampu mengurangi risiko stroke dan jantung koroner. 

Serat juga terdapat dalam buah bernama ilmiah Phoenix Dactylifera ini. Serat sangat baik untuk memperlancar kinerja organ pencernaan makanan.

Buah bertekstur lembut ini juga mengandung gula hingga 80 persen, sehingga dapat membekalkan tenaga bagi tubuh. Tak hanya untuk menggantikan tenaga yang hilang selama berpuasa, kurma juga sesuai untuk dibawa dalam perjalanan.

Inilah resep dan cara membuat Chocolate Kurma yang wajib Anda coba

Bahan-bahan:
2 kg kurma kualitas bagus
500 gram kacang mede belah, sangrai atau dipanggang sampe matang
500 gram dark cooking chocolate, ditim dalam mangkuk stainless steel
50 gram white cooking chocolate, cairkan masukan dalam plastik segitiga

Cara membuat:
1. Kupas kurma dan buang bijinya.
2. Masukan kacang mede yang sudah matang, menggantikan biji kurma yang dibuang tadi.
3. Rapatkan lagi kurma sehingga membentuk kurma yang utuh kembali.
4. Celup kurma ke dalam mangkuk berisi coklat yang dicairkan satu persatu.
5. Angkat kurma satu persatu, letakan diatas rak kawat, hias dengan coklat putih.
6. Masukan ke dalam kulkas, atau freezer sebentar saja dengan rak kawatnya.
7. Keluarkan dari freezer dan lepaskan dari rak kawat.
8. Letakkan kurma coklat pada kertas cup agar nampak cantik.

Tips memilih kurma kualitas baik dengan aroma dan rasa yang manis

Sebagai tips tambahan untuk Anda, pilihlah kurma tunisia, karena kurma ini mempunyai kualitas paling baik dari tekstur dan rasanya yang manis. Namun tentu saja kurma ini paling mahal di pasaran. Alternatif lain, Anda bisa menggunakan kurma madinah.

Gunakan juga cokelat masak yang berkualitas, agar rasa dan aroma chocolate kurma yang Anda buat begitu sempurna. Cokelat yang bagus biasanya cepat meleleh jika berada pada suhu yang panas.

Maka sebelum dimasukan ke dalam toples, sebaiknya chocolate kurma dibungkus dengan kertas atau plastik satu per satu. Ini agar cokelat tidak rusak, melekat satu sama lain, atau mengotori toples ketika disimpan. Selamat mencoba resep dan cara membuat Chocolate Kurma istimewa ini, semoga berhasil.

No comments:

Post a Comment