Resep dan Cara Membuat Brazilian Cheese Rolls

,
Resep dan Cara Membuat Brazilian Cheese Rolls

Baca Juga

Brazilian cheese rolls merupakan makanan ringan yang serupa dengan rarebit Welsh. Makanan ini terbuat dari tepung tapioka yang didalam olahannya sebagian besar terdiri dari irisan atau potongan keju, lalu kemudian digulung sebelum di panggang. Lebih lengkapnya Resep dan cara membuat Brazilian Cheese Rolls akan dibahas pada artikel kali ini, sehingga anda bisa membuatnya sendiri di rumah. 

Brazillian Cheese Rolls merupakan makanan khas Selandia Baru

brazillian cheese rolls

Cheese rolls atau disebut Pao de queijo sendiri sangat terkenal di Otago dan Selandia Baru. Makanan ringan tersebut dapat ditemukan sebagai item menu di kafetaria dan gerai makanan serupa. Cita rasanya yang lezat dengan tekstur yang renyah di luar, kenyal dan lembut di dalam, membuat kudapan tersebut banyak digemari.

Resep cheese rolls pertama kali ada pada tahun 1930 dan muncul pertama kali di koran selandia baru (Newspaper New Zealand Truth) pada tahun 1935. Namun sayang setelah tahun tersebut kelezatannya mulai tergantikan dengan adanya roti-roti lain yang muncul pada tahun 1950. Kudapan ini awalnya disebut dengan kue jebakan tikus “Rap Traps” karena bentuknya mirip dengan metode jebakan tikus dengan umpan keju diatasnya. 

Seiring berkembangnya zaman kudapan ini mengalami banyak variasi dalam membuatnya. Salah satu variasinya yaitu menggunakan kulit pastry untuk kulitnya. Jika anda biasanya membeli kudapan ini di toko-toko kudapan atau kafe, sesekali anda bisa mencoba membuatnya sendiri dirumah dengan mempraktekkan resep dan cara membuat brazilian cheese rolls berikut ini :

Bahan-bahan Brazilian Cheese Rolls

170 gram Tapioka
170 ml Susu Cair Putih
80 ml Minyak Sayur
1 Butir Telur
125 gram Keju Permesan 
1/4 sdt Baking Powder
1 sdt Garam

Cara Membuat Brazilian Cheese Rolls

1. Panaskan oven dengan suhu 190-200 celsius selama 15 menit, lalu siapkan loyang yang sudah dilapisi kertas baking dan diolesi minyak pada permukaannya.
2. Siapkan panci, masukkan susu, minyak sayur dan garam, kemudian panaskan hingga mendidih dengan api sedang.
3. Siapkan tepung tapioka dalam sebuah wadah, lalu tambahkan campuran susu yang baru diangkat, aduk dengan mixer kecepatan sedang.
4. Masukkan setengah bagian telur, aduk dengan mixer, setelah tercampur rata tambahkan sisa telur dan aduk kembali.
5. Masukkan keju ke dalam adonan lalu aduk sampai teksture bisa terbentuk. 
6. Bentuk bulat, lalu tata di loyang dan panggang dengan suhu 150 celsius selama 15-20 menit hingga warna keemasan. 
7. Brazilian cheese rolls siap disajikan. 

Untuk bahan, kejunya tidak harus menggunakan keju parmesan. Anda bisa menggunakan keju parut cheedar. Kudapan ini aman untuk anda konsumsi, karena bahan-bahannya mempunyai manfaat untuk kesehatan seperti contohnya keju. Keju dapat menjadi sumber kalsium alami dibandingkan suplemen atau vitamin. Selain itu kandungkan kalsium, fosfor dan proteinnya baik untuk kesehatan gigi anda. 

Sementara tepung tapioka mengandung zat besi, karbohidrat dan juga rendah natrium. Sehingga berguna untuk menaikkan berat badan, baik untuk menutrisi tulang, dan baik untuk pencernaan. Ini karena tepung tapioka terbuat dari bahan alami singkong yang kaya akan serat. Nutrisi yang terkandung dalam telur juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin B kompleksnya baik untuk menjaga kesehatan kulit, rambut, mata dan hati. 

Menilik dari berbagai manfaat bahan yang terkandung dalam brazilian cheese rolls, tentunya tidak masalah jika mengkonsumsinya sebagai camilan sehari-hari. Asalkan tetap dalam takaran yang wajar. Biasanya kudapan ringan ini disajikan untuk hidangan pagi hari dengan segelas teh hangat. Demikianlah  resep dan cara membuat brazilian cheese rolls, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. 

No comments:

Post a Comment