3 Resep Membuat Bihun Kuah untuk Hidangan Sarapan

,
3 Resep Membuat Bihun Kuah untuk Hidangan Sarapan

Baca Juga

Resep dan cara membuat bihun kari sapi khas medan - Bihun adalah nama salah satu jenis makanan yang berasal dari Tiongkok, bentuknya seperti mie tetapi lebih tipis dan berwarna putih. Bahan baku bihun terbuat dari tepung beras, sesuai dengan namanya “Bi” yang berarti beras dan “Hun” artinya tepung. Bihun dapat dimasak dengan berbagai macam variasi, salah satunya yaitu bihun kari sapi. Resep dan cara membuat bihun kari sapi khas medan sangatlah mudah dan bahan-bahannya pun mudah anda dapatkan. 

Resep dan cara membuat bihun kari sapi  khas medan

Kari sendiri adalah makanan berkuah yang kaya akan rempah-rempah dan mempunyai cita rasa yang tajam dan pedas. Kari ada beberapa jenis, yaitu kari ayam, kari ikan, kari kambing, dan salah satunya kari sapi. Sementara bihun kari merupakan variasi makanan asal Malaysia yang dicampur dengan kari dan ditambahkan sambal kacang hijau, sambal goreng dan cabai.

Disamping itu bihun kari biasanya juga ditambah dengan daging ayam atau daging sapi. Karinya sendiri berwarna kuning kecokelatan dan kental dengan cita rasanya yang pedas dan gurih yang dihasilkan dari campuran berbagai bumbu rempah-rempah sehingga menambah nikmat untuk disantap. Makanan ini biasanya dihidangkan untuk sarapan pagi.

Di Indonesia sendiri makanan ini sudah banyak digemari dan dapat ditemui diberbagai daerah, terutama di Medan. Jika anda bukan orang Medan, anda tidak perlu khawatir karena anda tetap bisa menikmatinya dengan membuatnya sendiri di rumah. Berikut ini resep dan cara membuat bihun kari sapi khas Medan :

Bahan Bihun Kari Sapi

4 keping bihun, rebus kemudian tiriskan dan sisihkan
1/2 kg daging sapi, potong kotak
2 buah wortel, potong serong
1 buah tomat merah, potong kotak kecil
750-1000 ml kaldu sapi
3 lembar daun jeruk
3 lembar daun salam
2 batang sereh, memarkan
3 cm lengkuas , memarkan
3 butir cengkeh
1 sdt ketumbar bubuk
1/4 sdt pala bubuk
1/4 sdt kayu manis bubuk
400 ml santan kental
garam dan merica secukupnya
minyak untuk menumis

Bumbu Halus Bihun Kari Sapi
10 buah cabe merah
5 siung bawang putih
8 siung bawang merah
3 cm jahe
1 ruas jari kunyit

Cara membuat Bihun Kari Sapi :

1. Tumis bumbu halus dengan minyak hingga harum, kemudian masukkan daun jeruk, daun salam ,sereh, lengkuas dan cengkeh. Lalu masukkan potongan daging sapi dan tomat kemudian masak hingga daging berubah warna.
2. Setelah daging berubah warna tambahkan kaldu secukupnya kemudian masak dengan api sedang. Setelah daging mulai empuk masukkan wortel dan semua bumbu kering lainnya dimasak hingga wortel matang.
3. Tambahkan santan dan masak dengan api sedang. Koreksi rasa dan masak dengan api kecil hingga kuah mengental.
4. Tuang kari sapi ke atas bihun yang sudah disiapkan. Bihun kari sapi siap disajikan.

Demikian beberapa bahan yang diperlukan untuk membuat bihun kari sapi khas Medan, namun resep diatas merupakan resep untuk 4 porsi, anda bisa menambahkan atau mengurangi sesuai kebutuhan. Anda pun dapat langsung mempraktekkannya di rumah untuk hidangan sarapan, makan siang atau makan malam. Bihun yang sedikit kenyal dipadukan dengan kari sapi dengan cita rasa yang khas sempurna untuk memulai hari anda.

Jika anda merasa kesulitan membuat bumbunya, anda bisa menyiasatinya dengan membeli bumbu yang sudah jadi. Selain resep dan cara membuat bihun kari sapi khas medan diatas, anda juga bisa membuat inovasi sendiri dengan menambahkan kentang misalnya. Anda juga bisa menikmati makanan ini dengan lontong ataupun nasi, sesuai selera anda dan kerupuk sebagai tambahan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Resep dan Cara Membuat Bihun Kuah Ayam Jamur


Bihun, sejenis makanan berwarna putih ini memiliki banyak sekali nama sesuai masing-masing negara. Misalnya di negara Filipina bihun disebut bijon sedang di Vietnam disebut bun. Bihun termasuk makanan Asia yang sering dikonsumsi di berbagai negara, namun mereka memiliki resep dan cara membuatnya sendiri. Di Indonesia bihun juga sudah banyak dikonsumsi, salah satunya yang akan kami ulas, yaitu resep dan cara membuat bihun kuah ayam jamur.

bihun kuah ayam jamur

Bihun memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Diantaranya mengandung energi 360 kg kalori, protein 4,7 gram, karbohidrat 82,1 gram, lemak 0,1 gram, kalsium 6 miligram, fosfor 35 miligram, dan zat besi 1 miligram. Hasil tersebut didapatkan berdasarkan penelitian terhadap 100 gram mie bihun dengan jumlah yang dikonsumsi 100%. 

Menilik berbagai kandungan gizi yang terkandung dalam bihun, tentunya tidak akan menjadi masalah jika Anda mengkonsumsinya. Di samping itu jamur juga mengandung manfaat sebagai antivirus, antibakteri, dan nutrisi yang dapat mendukung daya tahan tubuh. Ayam juga memiliki kandungan yang baik bagi tubuh jika dikonsumsi dengan tepat, salah satunya mengandung zat besi dan dapat menjaga keseimbangan kolesterol. 

Jika Anda penyuka kuliner dan termasuk orang yang suka memasak, maka perlu mencoba memasak olahan dari bihun satu ini. Bahan-bahannya cukup mudah karena bisa dibeli di pasar, toko kelontong, dan supermarket. Untuk memudahkan Anda dalam membuat olahan, perhatikan resep dan cara membuat bihun kuah ayam jamur berikut :

Bahan Bihun Kuah Ayam Jamur

100 gram bihun, seduh
Bahan Kuah:
2 siung bawang putih, goreng, memarkan
1 cm jahe, memarkan
1 tangkai seledri, ikat
1 blok kaldu ayam 
1 sendok teh garam 
1/4 sendok teh merica bubuk 
200 ml air 

Bahan Tumisan:
200 gram paha ayam fillet, potong kotak
100 gram jamur merang, belah 3 bagian
3 siung bawang putih, cincang halus
1 cm jahe, parut
2 sendok makan saus tiram 
1/2 sendok teh kecap asin 
2 sendok teh kecap manis 
1/4 sendok teh merica bubuk 
100 ml air 
1 sendok teh minyak wijen 
1 batang daun bawang, iris halus

Cara Membuat Bihun Kuah Ayam Jamur

1. Tumisan: tumis bawang putih dan jahe parut sampai harum. Masukkan ayam. Tumis sampai berubah warna.
2. Tambahkan jamur merang, saus tiram, kecap asin, kecap manis, merica bubuk, dan air. Aduk rata. Masak sampai matang. Masukkan minyak wijen dan daun bawang. Aduk rata. Masak sampai meresap.
3. Kuah: rebus air, bawang putih, jahe, dan seledri sampai mendidih.
4. Masukkan kaldu ayam, garam, dan merica bubuk. Masak sampai mendidih.
5. Sajikan bihun bersama kuah dan tumisannya.

Bihun kuah ayam jamur bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk pagi hari Anda. Bihun dengan kuah ayam jamur yang masih hangat pastinya akan membuat Anda bersemangat mengawali hari. Energi yang terkandung didalam bihun pun bisa membuat tubuh Anda lebih bertenaga dan karbohidratnya dapat mengurangi kecemasan. Makanan ini juga dapat Anda gunakan sebagai alternatif penambah nafsu makan anak. 

Untuk bahan jamurnya tidak harus menggunakan jamur merang, Anda bisa menggunakan jamur lain seperti jamur tiram, jamur kancing, jamur kuping, dan jamur shiitake sesuai dengan selera Anda. Ayamnya pun tidak harus bagian paha, Anda bisa menggunakan bagian dada atas atau dada bawah, yang terpenting terdapat daging pada bagian tersebut. Jika Anda tidak menyukai bawang putih Anda juga bisa menggantinya dengan bawang bombai. 

Hidangan ini cocok disajikan dengan nasi panas dan kerupuk sebagai tambahan, Anda juga bisa menaburi gorengan bawang diatasnya. Selamat mencoba resep dan cara membuat bihun kuah ayam jamur ini dirumah dan semoga hari Anda menyenangkan.

Resep dan Cara Membuat Bihun Kuah Jamur Merica Hitam 

Masih seputar makanan berwarna putih sedikit kenyal yang biasa disebut bihun. Setelah artikel sebelumnya membahas tentang bihun kuah ayam jamur, kali ini juga merupakan olahan bihun yang berkuah yaitu bihun kuah jamur merica hitam. Bagi anda yang suka menikmati makanan berkuah sedikit pedas,makanan ini dipastikan sesuai untuk anda. Resep dan cara membuat bihun kuah jamur merica hitam tergolong mudah sama seperti bihun kuah ayam jamur. 

bihun jamur kuah merica hitam

Memang, berbagai olahan dapat dihasilkan dari bahan makanan satu ini. Contohnya seperti di Malaysia bihun dapat diolah menjadi makanan seperti bihun sop yang biasanya dicampur dengan kaldu ayam atau sapi dan kecap sebagai bumbu. Ada juga Laksa Sarawak yaitu olahan bihun yang dicampur dengan sambal balacan, bawang putih, lengkuas, serai dan santan, dilapisi telur, strip ayam, udang, ketumbar dan jeruk nipis pilihan. 

Sementara di negara India bihun biasanya dibuat menjadi olahan Sawaeyaa.  Ini adalah bihun yang dimasak dalam gula susu dan kacang kering, dan biasanya disajikan pada acara Diwali, idul Fitri dan perayaan-perayaan lain. Ada juga Paayasam yang merupakan hidangan manis terbuat dari bihun, sagu, gula, rempah-rempah, kacang-kacangan dan susu. 

Hal tersebut menunjukkan bahwa bihun merupakan makanan yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai olahan masakan. Di Indonesia sendiri bihun biasanya ditambahkan dalam beberapa olahan seperti lumpia dan risoles, sop oyong, sup gambas, jenis-jenis soto, dan tekwan sebuah makanan khas Palembang. Khusus untuk resep dan cara membuat bihun kuah jamur merica hitam anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini : 

Bahan Bihun Kuah Jamur Merica Hitam

1 mangkok bihun yang sudah direbus
5 buah jamur kancing besar diiris tipis
5 buah jamur kuping dicacah kecil-kecil
1/2 bawang bombay diiris tipis
100 gram daging ayam potong kecil-kecil
2 siung bawang putih
lada hitam secukupnya
1 sdm saus tiram kental
2 sdm kecap 
1 sdm margarin
200 ml air kaldu ayam
1 butir telur diorak-arik
garam dan gula secukupnya


Cara Membuat Bihun Kuah Jamur Merica Hitam :

1. Siapkan teflon, masukkan margarin dan lelehkan, kemudian masukkan bawang bombay, bawang putih. Tumis hingga harum. Masukkan saus tiram, kecap dan daging ayam. 
2. Setelah cukup matang dan berasap, masukkan kaldu, dan lada hitam. Mulai masukkan jamur, garam dan gula. 
3. Tata bihun di atas wadah, tambahkan telur orak-arik. Siram kuah ke atas bihun. Anda bisa menyajikannya dengan mengaduk rata bumbunya bila suka.

Cukup mudah bukan? Bahannya bisa anda dapatkan di toko terdekat rumah anda. Selain mudah didapat bihun mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan begitu pula dengan merica hitam. Merica hitam merupakan rempah-rempah bercita rasa pedas dan sedikit tajam, yang dipercaya dapat membuat masakan terasa lebih nikmat. Selain itu merica hitam mempunyai manfaat dapat mencegah kanker, kandungan vitaminnya juga baik untuk tubuh. 

Resep dan cara membuat bihun kuah jamur merica hitam diatas bisa anda variasikan sesuai selera anda. Anda bisa mengganti jamurnya menjadi jamur tiram contohnya. Sebagai tambahan anda juga bisa mencampurkan udang saat memasak olahan ini. Masakan ini akan lebih enak jika dinikmati saat masih hangat. Sebagai tambahan anda bisa menambahkan bawang goreng diatasnya. Anda bisa memakannya dengan nasi dan kerupuk atau pangsit.

Demikian resep dan cara membuat bihun kuah jamur merica hitam. Anda bisa segera mempraktikkannya di rumah. Pastikan juga untuk memasak dengan sepenuh hati. Karena makanan yang mempunyai cita rasa enak dihasilkan tidak hanya dengan bahan-bahan yang berkualitas tetapi dengan hati yang tulus saat memasaknya. Selamat mencoba. 


No comments:

Post a Comment