Resep dan Cara Membuat Bihun Goreng Terasi

,
Resep dan Cara Membuat Bihun Goreng Terasi

Baca Juga

Resep dan cara membuat bihun goreng terasi - Bihun tentunya bukan merupakan jenis makanan baru lagi bagi masyarakat Indonesia. Mie yang memiliki warna putih dengan tekstur yang khas ini sudah banyak diolah menjadi berbagai produk kuliner yang lezat. 

gambar bihun goreng terasi

Bihun pasti digunakan sebagai bahan utama pada soto, bakso, ataupun diolah sendiri dengan cara digoreng yang diberi berbagai campuran, seperti sayuran. Dan kali ini, kita akan membahas resep dan cara membuat bihun goreng terasi.

Bihun berasal berasal dari Negara Tionghoa

Bihun sendiri bukan berasal dari Indonesia, melainkan dari Tiongkok. Dalam bahasa inggris, bihun disebut dengan rice vermicelli atau rice noodies atau rice sticks. Kata “bihun” terdiri dari dua suku kata, yakni “bi” yang berarti beras dan “hun” yang berarti tepung. Seperti artinya, bahan utama pembuat bihun adalah tepung beras.

Karena sudah tersebar di berbagai negara, maka penyebutan bihun di setiap negara pun berbeda. Di Filipina bihun memiliki nama bihon atau bijon, di Vietnam dikenal dengan nama bun, dan di Thailand dikenal dengan nama sen mee.

Bihun dikonsumsi di seluruh Asia, tetapi paling populer di Singapura ketika mereka menggunakannya dalam membuat Mie Sate Kacang (Satay Been Hoon) atau digoreng seperti Hokkien Mee. Di Filipina, bihun diolah sebagai masakan bernama pancit yang digoreng dan dimakan pada hari ulang tahun. 

Di Indonesia sendiri, olahan bihun yang ada, antara lain bihun goreng, bihun rebus atau bihun kuah, sop oyong, tekwan dan soto. Bagaimana resep dan cara membuat bihun goreng terasi? Simak yuk!

Bahan membuat bihun goreng terasi:

-150 gr bihun jagung,seduh dan tiriskan
-2 sdm kecap manis
-1 sdm kecap asin
-1/2 sdt merica bubuk
-2 bh cabe merah besar,diiris miring
-2 btr telur,kocok lepas
-5bh bakso sapi belah 2
-50 gr ayam suwir
-50 gr taoge
-1/2 sdt garam
-1/2 sdt merica bubuk
-1 btg daun bawang,iris tipis
-3 sdm minyak untuk menumis

Bumbu halus:
-6 btr bawang merah
-4 siung bawang putih
-3 btr kemiri, goreng
-1 sdt terasi ,goreng

Cara membuat bihun goreng terasi:

1. lumuri bihun dengan kecap manis,kecap asin dan merica bubuk sisihkan,
2. tumis bumbu halus dan cabe merah besar sampai harum,sisihkan di pinggiran wajan,
3. masukkan telur sampai berbutir/orak arik,tambahkan bakso,ayam suwir aduk rata,
4. masukkan taoge,aduk sampai layu.tambahkan kecap manis garam dan merica bubuk aduk rata,
    dan,
5. masukkan bihun masak hingga matang tambahkan daun bawang aduk rata.

Kandungan gizi yang terdapat dalam bihun, antara lain energi sebesar 360 kilokalori, protein 4,7 gram, karbohidrat 82,1 gram, lemak 0,1 gram, kalsium 6 miligram, fosfor 35 miligram, dan zat besi 1 miligram. Selain itu, di dalam bihun juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0 miligram dan vitamin C 0 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Mi Bihun, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.

Saat ini, bahan untuk membuat bihun bukan hanya dari beras, melainkan juga sudah ada bihun jagung yang teksturnya lebih kenyal dibandingkan bihun dari beras. Selain itu, bihun jagung memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga baik dikonsumsi bagi penderita diabetes. Karenanya bihun goreng terasi juga dapat dibuat dari bihun jagung juga. Begitulah resep dan cara membuat bihun goreng terasi. Selamat mencoba ya!

No comments:

Post a Comment