Resep dan Cara Membuat Bakpao Cokelat Isi Kacang Wijen

,
Resep dan Cara Membuat Bakpao Cokelat Isi Kacang Wijen

Baca Juga

Resep dan cara membuat bakpao cokelat isi kacang wijen - Camilan bakpao tentu sudah tidak asing lagi di telinga. Makanan yang berasal dari tanah Tionghoa ini sudah begitu akrab dengan lidah masyarakat tanah air. 

gambar bakpao cokelat isi kacang wijen

Bakpao sebenarnya berisi daging atau kacang hijau. Namun seperti kuliner lain yang mengalami diversifikasi seiring perkembangan zaman, maka bakpao juga tidak terlewat dari fenomena itu. Dan dalam tulisan ini, kami akan mengulas tentang resep dan cara membuat bakpao cokelat isi kacang wijen.

Nama bakpao berasal dari kata roubao yang merupakan makanan tradisional Tionghoa. Di Indonesia kue ini dikenal sebagai bakpao, diserap dari bahasa Hokkian yang dituturkan mayoritas orang Tionghoa di Indonesia. Kata ‘bak’ , yang berarti daging dalam Bahasa Hokkian, berasal dari kata ‘rou’ dalam Bahasa Mandarin. Sedangkan kata ‘pao’  berarti bungkus yang terbuat dari adonan tepung. Jadi, sebenarnya penamaan ini berasal dari resep bakpao itu sendiri.

Bakpao memiliki arti harfiah adalah baozi/bungkusan yang berisi daging. Baozi juga dapat diisi dengan bahan lainnya seperti daging ayam, sayur-sayuran, serikaya manis, selai kacang kedelai, kacang azuki, kacang hijau, kacang wijen, dan sebagainya, sesuai selera. Kulit bakpao dibuat dari adonan tepung terigu yang setelah diberikan isian, lalu dikukus sampai mengembang dan matang. “Bak” berarti daging, dan “pao” berarti bungkusan.

Bakpao pertama kali diciptakan oleh seorang ahli militer terbaik Cina, yang juga merupakan perdana menteri, insinyur, dan ilmuwan yang bernama Zhuge Liang. Resep bakpao ditemukan ketika ia dan prajuritnya harus melewati sungai yang berbahaya. Masyarakat setempat menyarankan untuk membuat upacara pengorbanan, tapi karena tidak ingin ada pertumpahan darah lagi, maka Zhuge Liang memerintahkan prajuritnya memburu binatang dan membungkusnya dalam adonan tepung yang dibentuk serupa kepala manusia.

Sejak saat itulah bakpao ditemukan, dengan seiring berjalannya waktu bakpao dibawa oleh orang-orang Cina ke Indonesia dan saat ini dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Lalu bagaimana resep dan cara membuat bakpao cokelat isi kacang wijen?

Bahan yang dibutuhkan membuat bakpao cokelat isi kacang wijen

Bahan kulit:
  • 2 kg tepung terigu protein rendah 
  • 160 gram cokelat bubuk 
  • 4 sendok teh baking powder 
  • 4 sendok makan ragi instan 
  • 400 gram gula tepung 
  • 120 gram susu bubuk 
  • 8 putih telur 
  • 960 ml air es 
  • 120 gram mentega putih 
  • 4 sendok teh garam 

Bahan isi:
  • 1200 gram kacang tanah kupas, disangrai, dicincang halus
  • 400 gram meises cokelat 
  • 8 sendok makan wijen sangrai 
  • 400 gram susu kental manis putih 

cara membuat bakpao cokelat isi kacang wijen:

1. Isi: aduk bahan isi sampai bergumpal. Pulung adonan. Bentuk lonjong. Sisihkan.
2. Kulit: campur tepung terigu, cokelat bubuk, baking powder, ragi instan, gula tepung, dan susu bubuk. Aduk rata.
3. Tambahkan putih telur dan air es sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis. Masukkan mentega putih dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 30 menit.
4. Kempiskan adonan. Timbang masing-masing 30 gram. Bulatkan. Diamkan 10 menit.
5. Giling memanjang. Iris-iris. Letakkan isi. Gulung dan bentuk oval.
6. Letakkan di kertas minyak. Diamkan 30 menit sampai mengembang.
7. Kukus 5 menit dengan api sedang sampai matang. Angkat.

Adonan di atas untuk jumlah bakpao sebanyak 136 buah. Dalam satu buah bakpao yang memiliki berat 100 g, terdapat kalori sebesar 239 kKal. Rinciannya kalori dari 58% karbohidrat, 23% lemak, 19% protein. Karbohidrat dalam bakpao sebanyak 41,6 g, lemak sebanyak 2,6 g, dan protein 12,2 g. Selain itu, bakpao juga mengandung kalsium 21 miligram, fosfor 65 miligram, dan zat besi 2,8 miligram, vitamin A sebanyak 92 IU, vitamin B1 0,09 miligram dan vitamin C 0 miligram.

Hari ini, bakpao bukan hanya populer di Indonesia, melainkan juga di seluruh dunia sebagai salah satu makanan tradisional dari Cina. 

Bahkan dalam film legendaris Cina, Shaolin, posisi bakpao dapat menggantikan makanan pokok nasi, dan bakpao cokelat isi kacang wijen sendiri hanyalah satu dari sekian banyak jenis bakpao yang sudah ada di pasaran. Semoga resep dan cara membuat bakpao cokelat isi kacang wijen ini bisa Anda praktekkan di rumah!

No comments:

Post a Comment