Resep dan Cara Membuat Roti Bagelen Kacang

,
Resep dan Cara Membuat Roti Bagelen Kacang

Baca Juga

Resep dan cara membuat roti bagelen kacang - Ada yang pernah mendengar kata Bagelen? Bagi yang belum pernah mendengar atau belum tahu, Bagelen adalah sebuah desa di Kecamatan Bagelen, Purworejo, Jawa Tengah. 

gambar roti bagelen kacang

Menurut beberapa sumber, dari daerah inilah sebuah kuliner enak bernama roti bagelen berasal. Namun ada juga yang mengatakan bahwa roti bagelen berasal dari sebuah toko roti bernama “Bagelen” yang beroperasi di Kutoarjo. Namun tidak semua resep roti bagelen akan kami ulas di sini, melainkan hanya resep dan cara membuat roti bagelen kacang.

Mengenai sejarah roti bagelen, sebenarnya masih belum diketahui dengan pasti. Selain dari yang telah disebutkan di atas, ada juga yang mengatakan bahwa roti ini awalnya dibawa oleh bangsa penjajah ke Indonesia. Kemudian oleh masyarakat dimodifikasi agar sesuai dengan lidah masyarakat setempat. Oleh bangsa penjajah, roti ini disebut dengan nama “warmbollen”.

Cara membuat roti bagelen kacang yang langka

Roti bagelen sendiri ada dua macam, yakni bagelen basah dan kering. Bagelen basah inilah yang dikenal dengan nama warmbollen tersebut. Teksturnya lembut dan umumnya diberi berbagai macam olesan, seperti butter. Sedangkan untuk bagelen kering sendiri sebenarnya tidak berbeda jauh dengan bagelen basah, hanya saja saat pengolahan rotinya melewati satu tahap lagi, yakni pemanggangan.

Salah satu ciri khas dari roti bagelen, yaitu adanya olesan pada rotinya. Olesan yang digunakan biasanya adalah margarin atau buttercream. Roti bagelen yang diberi olesan margarin akan terasa gurih dan lapisan rotinya berwarna lebih kekuningan. Sedangkan roti bagelen yang diberi olesan buttercream akan memiliki aroma yang lebih wangi.

Saat ini, roti bagelen sudah tersedia dalam berbagai variasi, ada yang menggunakan lemon, strawberry, keju, juga kacang. Dalam tulisan kali ini, kami akan mengulas resep dan cara membuat roti bagelen kacang. Simak yuk!

Bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat roti bagelen kacang sebanyak 4 porsi adalah 4 tangkup roti burger siap pakai. Sedangkan untuk olesannya digunakan bahan: 25 g mentega tawar, 50 g selai kacang creamy, dan 50 g gula tepung.

Cara memasak roti bagelen kacang adalah:

1. Diamkan roti burger dalam keadaan terbuka semalam.
2. Kocok semua bahan yang digunakan sebagai olesan sampai lembut.
3. Ambil satu lembar roti burger, oles dengan bahan olesan.
4. Panggang selama 30 menit dengan posisi olesan di atas, dengan suhu 140  sampai kering.
5. Balik roti burger dan panggang lagi 15 menit sampai matang dan kering.

Resep di atas digunakan untuk 4 porsi roti bagelen kacang. Jadi untuk porsi yang lebih banyak atau lebih sedikit, Anda dapat memperkirakan sendiri seberapa banyak bahan yang dibutuhkan untuk olesan.

Untuk ide roti bagelen kering, mulanya sebenarnya merupakan ide untuk membuat roti bagelen basah agar lebih tahan lama. Akan tetapi, rupanya penggemar dari roti bagelen kering banyak, maka roti bagelen kering dijadikan varian, yang bahkan sekarang roti bagelen kering lebih banyak dikenal dibanding roti bagelen basah.

Saat ini, roti bagelen sudah diproduksi luas bukan hanya di Pulau Jawa. Roti satu ini juga dapat dibeli di berbagai toko oleh-oleh, maupun swalayan yang tersebar di seluruh Indonesia. Kemasannya beragam, disesuaikan dengan perkembangan zaman dan minat pasar. Selain itu, bentuk roti bagelen juga divariasikan, ada yang mini bun atau mini loaf. 

Bagaimana, apakah sudah paham resep dan cara membuat roti bagelen kacang? Coba lah, siapa tahu ketagihan.

No comments:

Post a Comment