Resep dan Cara Membuat Pisang Balut Kelapa

,
Resep dan Cara Membuat Pisang Balut Kelapa

Baca Juga

Resep dan cara membuat pisang balut kelapa - Pisang kepok dikenal juga sebagai pisang nipah di negara Malaysia. Pisang ini mempunyai dua jenis yang biasa dijumpai di pasar atau kebun, yaitu pisang kepok putih dan pisang kepok kuning. 

Manfaat pisang kepok sebagai bahan utama

Pisang kepok kuning, rasanya manis dan memiliki buah yang padat. Biasa digunakan sebagai bahan utama pisang goreng, pisang rebus. Ketika masih mentah, pisang ini bisa dijadikan keripik pisang yang gurih dan renyah. Dalam artikel ini kita akan membahas resep dan cara membuat pisang balut kelapa dari pisang kepok kuning.

gambar pisang balut kelapa

Sementara pisang kepok putih, biasanya dimanfaatkan sebagai makanan burung ocehan, karena rasanya yang agak kelat dan tekstur daging buah yang tidak terlalu padat. Pisang ini kurang sesuai untuk diolah menjadi panganan atau kue.

Pisang kepok kuning yang mentah sangat bagus untuk mengatasi masalah lambung. Cukup dikonsumsi begitu saja tanpa diolah atau diberi campuran apa-apa. Kandungan kalium, magnesium, dan mangaan dalam buah ini mampu menetralkan cairan asam lambung dan menyembuhkan luka di dinding lambung. 

Selain itu, pisang kepok juga berkhasiat mempercepat penyembuhan luka.
Pisang juga dapat menjadikan perut merasa kenyang lebih lama. Sehingga buah ini juga cocok dijadikan sebagai makanan pennunjang program diet Anda.

Sebagai kudapan, pisang kepok paling tepat diolah menjadi pisang goreng dan pisang rebus. Pisang goreng kremes, pisang goreng kipas, dan pisang goreng saus cokelat, mungkin sudah biasa, kali ini kami sajikan resep dan cara membuat pisang balut kelapa yang istimewa untuk Anda.

Bahan-bahan untuk membuat pisang balut kelapa:

4 buah pisang kepok matang
Bahan pencelup:
30 gram tepung beras
30 gram tepung terigu
1/4 sdt garam
65 ml air hangat
Bahan pelapis (kukus):
100 gram kelapa parut kasar
1/8 sdt garam
1 lembar daun pandan
Bahan pelengkap:
2 sdm gula pasir halus
1 sdm wijen, sangrai

Cara membuat pisang balut kelapa:

1. Campur tepung beras dan garam, masukkan sedikit-sedikit sampai licin.
2. Celup pisang ke dalam larutan tepung beras. Tiriskan.
3. Rebus air dan 2 lembar daun pandan sampai mendidih. Masukkan pisang. Rebus matang. Segera gulingkan di kelapa parut. Sajikan ditabur dengan pelengkapnya.

Pisang balut kelapa ini termasuk makanan sehat karena tidak digoreng, sehingga tidak mengandung minyak yang membawa lemak dan kalori tinggi. Rasa pisang yang manis dan kelapa parut yang gurih berpadu menjadi satu, membuat rasanya sangat legit dan nikmat.

Sajikan pisang balut kelapa bersama teh atau kopi hangat sambil bercengkerama dengan keluarga atau teman-teman. Cocoknya pisang ini dinikmati ketika sore atau malam hari saat hujan, dalam keadaan panas.

Dari resep dan cara membuat pisang balut kelapa di atas, Anda bisa menghasilkan 4 buah pisang balut kelapa. Untuk pisangnya, pilih yang benar-benar matang, tetapi belum lembek. Pisang terlalu matang juga kurang enak jika direbus. Sebaiknya pisang kepok yang digunakan adalah pisang kepok kuning.

No comments:

Post a Comment