Resep dan Cara Membuat Manisan Kolang-kaling

,
Resep dan Cara Membuat Manisan Kolang-kaling

Baca Juga

Resep dan cara membuat manisan kolang kaling - Kolang-kaling biasa disantap dalam bentuk manisan dan kolak sebagai makanan pembuka saat berbuka puasa. Ada juga yang dibuat manisan dengan warna merah menyala dan ditusuk dengan tusukan sate, disebut sate kolang-kaling. 

gambar manisan kolang kaling

Resep dan cara membuat manisan kolang-kaling bisa Anda simak setelah informasi gizi kolang-kaling yang berhasil kami himpun.

Manfaat manisan kolang-kaling bagi kesehatan tubuh

Tahukah Anda? buah ini tak hanya segar, namun juga kaya nutrisi dan manfaat bagi tubuh. Dalam 100 gram kolang-kaling terkandung 243 mg fosfor, 91 mg kalsium, 1,6 gram serat, 0,2 gram lemak, 0,4 gram protein, 0,5 mg zat besi, dan 27 kkal kalori.

Serat dalam kolang-kaling atau yang dikenal juga dengan nama buah atap ini merupakan serat kasar, yang termasuk serat tidak larut. Zat ini dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. 

Sementara kalsium, bermanfaat memperkuat tulang dan gigi. Fosfor yang dimiliki kolang-kaling berfungsi memperbaiki dan menjaga sel dan jaringan tubuh. Fosfor juga diperlukan tubuh untuk membantu menjaga keteraturan fungsi jantung dan  menghasilkan energi.

Selain itu dalam kolang-kaling juga tersimpan zat besi yang bermanfaat mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh, mengatasi kelelahan, dan mencegah anemia. Terdapat juga gelatin yang membantu mengendalikan berat badan, mencegah osteoporosis, dan mencegah radang sendi.

Buah bertekstur kenyal ini sangat cocok dijadikan sebagai menu diet karena dapat memberikan rasa kenyang dan energi kepada tubuh lebih lama. 

Setelah mengetahui sederet kandungan gizi dalam kolang-kaling di atas, resep dan cara membuat manisan kolang-kaling di bawah ini sepertinya harus Anda coba.

Bahan-bahan membuat manisan kolang-kaling:

1 kg kolang-kaling muda
1,5 liter air cucian beras
1 liter air
2 lembar daun pandan
5 lembar daun jeruk
100 gram gula pasir 
Pewarna makanan secukupnya

Cara membuat manisan kolang-kaling:

1. Cuci kolang-kaling hingga bersih. Tiriskan.
2. Taruh kolang-kaling dalam wadah.
3. Tuangi air cucian beras. Diamkan selama 2 jam.
4. Tiriskan, bilas air bersih dan tiriskan kembali.
5. Rebus air, gula, daun pandan, daun jeruk hingga mendidih dan gula larut.
6. Masukkan kolang-kaling.
7. Masak hingga larutan gula habis dan kolang-kaling lunak.
8. Tiriskan.
9. Simpan dalam wadah bertutup. 

Anda perlu memilih kolang-kaling berbentuk pipih lebar dan berwarna transparan. Setelah itu cuci bersih hingga tidak berlendir. Lalu rendam lagi ke dalam air bekas cucian beras supaya tidak beraroma asam dan licin.

Agar manisan bebas dari kotoran, sebelum larutan gula merah dituangkan perlu disaring terlebih dahulu. Manisan kolang-kaling cocok dimakan begitu saja dalam keadaan dingin atau dicampurkan dengan es buah. Caranya potong-potong buah mangga, nanas, dan semangka serta agar-agar, tambahkan air gula atau sirup dan es batu, tambahkan manisan kolang-kaling.

Meski resep dan cara membuat manisan kolang-kaling di atas terlihat sederhana, tetapi membuatnya menjadi empuk, enak, dan wangi perlu trik khusus. Biasanya buah kolang-kaling yang siap dijadikan manisan sudah dalam keadaan bersih dan direndam air. Nah, berani coba membuat?

No comments:

Post a Comment