Resep dan Cara Membuat Jeli Wortel Jeruk

,
Resep dan Cara Membuat Jeli Wortel Jeruk

Baca Juga

Resep dan cara membuat jeli wortel jeruk - Wortel dan jeruk kaya akan kandungan gizi yang sangat berguna bagi tubuh. Tetapi, kadang sebagai orang tua, susah menyuruh anak-anak mengonsumsi buah dan sayur dalam keadaan segar. Salah satu solusinya yaitu dengan mengolahnya menjadi makanan yang lezat dengan tampilan menarik. Resep dan cara membuat jeli wortel jeruk yang akan kami sajikan tentu bisa menjadi solusi untuk Anda.

gambar jeli wortel jeruk

Manfaat mengonsumsi jeli wortel jeruk 

Apa saja nutrisi yang terdapat dalam wortel? Umbi akar ini mengandung betakaroten, vitamin A, vitamin C, falcarinol, dan flavonoid yang penting bagi ketahanan dan kesehatan tubuh. Betakaroten pada wortel mampu menangkal radikal bebas, vitamin A memiliki kegunaan memlihara penglihatan, menyehatkan alat reproduksi pria, dan menunjang pertumbuhan dan perkembangan tubuh.

Sementara flavonoid pada wortel berkemampuan melindungi tubuh dari kanker rongga kulit, mulut, dan paru-paru. Vitamin C pula membantu mempertahankan jaringan ikat pada gigi dan gusi agar selalu sehat. Di samping itu, wortel juga mengandung banyak mineral lain yang dapat membantu mengontrol kondisi jantung dan gula darah. 

Sedangkan jeruk, sudah tidak dapat disangkal lagi merupakan buah yang kaya vitamin C. Kandungan vitamin C dalam buah jeruk mencapai sekitar 53,2 mg per 100 gram atau hampir 90% dari kebutuhan nutrisi harian. Nutrisi lain dalam buah jeruk yaitu vitamin B1, vitamin A, folat, dan antioksidan.
Kandungan zat di dalam jeruk mampu mencegah penyakit jantung dan stroke, mengontrol kadar gula darah dan kolestrol, serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Jika wortel dan jeruk dijadikan satu dalam sebuah dessert, tentunya kadungan gizinya semakin kaya bukan? Inilah resep dan cara membuat jeli wortel jeruk yang segar dan sehat.

Bahan-bahan untuk membuat jeli wortel jeruk:

500 gram wortel, dipotong-potong
600 ml air jeruk manis 
1 bungkus jeli instan 
1/2 sendok teh agar-agar bubuk 
100 gram gula pasir
Bahan pelengkap:
7 sendok makan susu kental manis 
700 gram es serut

Cara membuat jeli wortel jeruk:

1. Blender wortel dengan air jeruk manis. Saring dan ukur airnya 800 ml.
2. Tambahkan jeli instan, agar-agar bubuk, dan gula pasir. Masak sampai mendidih.
3. Tuang di cetakan jeli. Bekukan.
4. Sajikan dengan pelengkap.

Jeli wortel jeruk sangat nikmat disantap di siang hari saat cuaca panas. Selain padat nutrisi, jajanan ini sangat aman dikonsumsi anak-anak karena tidak diberi pemanis, pewarna, dan pengawet buatan. Anda juga bisa menjadikannya bekal untuk mereka ke sekolah, menambahkan ke dalam menu makan siang di rumah, atau memasukkan ke dalam daftar dessert untuk jamuan makan.

Jangan lupa, pilihlah wortel segar yang belum terlalu tua dan jeruk yang manis agar rasa jeli wortel jeruk buatan Anda benar-benar enak dan segar. Pilih juga jeli yang tidak memiliki rasa, supaya tidak terkontaminasi rasa dan aroma buah yang lain. Selamat mencoba resep dan cara membuat jeli wortel jeruk di atas, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment