Resep dan Cara Membuat Es Rujak Manis

,
Resep dan Cara Membuat Es Rujak Manis

Baca Juga

Resep dan cara membuat es rujak manis - Rujak mempunyai banyak variasi yang berbeda di setiap daerah di Indonesia. Ada rujak buah, ada pula rujak sayuran dan rujak mie. Dari kuahnya pun ada bermacam-macam bahan dan rasa. Mulai dari kuah air gula dan cabai, kuah petis hingga kuah kacang. Namun kali ini kita akan membahas resep dan cara membuat es rujak manis dengan buah-buahan serut dan kuah larutan gula yang manis, pedas, gurih, dan asam.

gambar es rujak manis

Es rujak manis adalah salah satu jajanan zaman dulu yang masih bisa ditemukan hingga saat ini. Rujak serut ini juga disebut Rujak Gobet, berasal dari Surabaya. Selain menjadi hidangan pencuci mulut, rujak ini juga disajikan dalam acara-acara syukuran seperti khitanan, tujuh bulanan, dan pernikahan.

Membuat es rujak manis untuk jualan dan dirumah

Meski tidak banyak yang menjajakannya, kudapan manis ini dapat Anda nikmati. Dengan membuatnya sendiri Anda bisa memilih buah-buahan yang akan dijadikan rujak, level pedas dan manisnya juga boleh diatur sendiri. 

Buah-buahan yang biasa digunakan sebagai bahan dasar es rujak manis ini yaitu mangga muda, bengkoang, jambu air, kedondong, nanas, dan pepaya. Vitamin dalam campuran buah segar ini dapat membantu memberikan asupan nutrisi dalam tubuh Anda. 

Es rujak manis ini sangat pas dinikmati ketika cuaca panas sambil bersantai di rumah. Bisa juga dibawa sebgai berekreasi bersama keluarga di taman bermain. Berikut resep dan cara membuat es rujak manis yang harus Anda coba.

Bahan-bahan untuk membuat es rujak manis:

2 buah mangga muda, serut
2 buah bengkuang, serut
6 buah kedondong, serut
½ buah nanas, iris tipis memanjang
½ buah pepaya mengkal, serut
Bumbu:
6 cabai merah keriting
2 cabai rawit merah
1 sendok makan asam jawa, larutkan dengan 4 sendok makan air
575 gram gula jawa, sisir
1 ½ sendok teh garam
500 ml air

Cara membuat es rujak manis yang segar:

1. Rebus cabai hingga lunak. Blender hingga halus.
2. Masukkan air dan gula jawa yang sudah disisir ke dalam panci. Didihkan.
3. Tambahkan air asam jawa. Masak hingga gula jawa larut, saring. Dinginkan.
4. Masukkan cabai yang sudah diblender ke dalam larutan gula jawa.
5. Tuangkan campuran tersebut ke baskom berisi buah yang sudah diserut, aduk rata. Beri garam, cicipi. 
6. Bungkus dengan plastik es mambo, lalu bekukan.
Es rujak manis banyak disukai oleh semua kalangan usia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, terutama di daerah dengan cuaca panas. Jika sudah berhasil membuat rujak yang enak untuk dikonsumsi sendiri, tidak ada salahnya Anda mencoba menjadikan makanan ini sebagai produk usaha rumahan.
Lakukan beberapa persiapan untuk membuat usaha berjualan es rujak manis dari rumah. Mulai dari persiapan tempat, peralatan, dan bagaimana cara mengelolanya nanti. Sebagai langkah awal, coba dulu resep dan cara membuat es rujak manis di atas. Kemudian kemas dalam plastik es mambo lalu dititipkan di warung sekitar rumah. Anda juga bisa memulai usaha berjualan dengan cara menerima pesanan dan melayani pengantaran dengan bantuan aplikasi bisnis kuliner terkini.

No comments:

Post a Comment