Resep dan Cara Membuat Apang Coe asal Manado

,
Resep dan Cara Membuat Apang Coe asal Manado

Baca Juga

Resep dan cara membuat apang coe asal Manado - Indonesia bukan hanya kaya akan tradisi dan budaya. Beragamnya suku yang ada di Indonesia, membuat keberagaman kuliner Indonesia juga sangat kaya. 

gambar apang coe asal Manado

Mulai dari kuliner yang berjenis kue, hingga makanan berat dari setiap daerah yang terbentang dari Sabang hingga Merauke memiliki ciri khas masing-masing sesuai dengan keadaan masyarakat setempat. Nah, yang akan kita ulas di sini adalah resep dan cara membuat kue apang coe, kue tradisional asal Manado.

Cara membuat kue apang coe khas dari Manado

Apang coe merupakan salah satu kue khas dari Manado, Sulawesi Utara. Kue apang ini dalam bahasa Indonesia ditulis dengan nama “kue apam”, atau lebih akrab dengan nama kue apem. Bentuk dan teksturnya khas, merekah seperti kue mangkok. Rasanya legit karena menggunakan gula merah sebagai bahan utama, dan juga terdapat rasa gurih dari santan kelapa. Kue yang bentuknya indah merekah mirip dengan kue mangkok ini memiliki aroma yang sangat wangi dengan warna khas kecokelatan karena menggunakan gula merah.

Di daerah asalnya, Manado, apang coe ini biasa digunakan pada acara-acara tradisional di kalangan suku asli Manado, seperti digunakan sebagai salah satu seserahan pada acara lamaran di Manado.
Kandungan gizi kue apang coe tidak berbeda jauh dengan kue apem yang juga terbuat dari bahan-bahan yang serupa. Karena terbuat dari bahan utama tepung yang tentu saja mengandung karbohidrat, satu kue apang coe seberat 45 gram dapat memberikan asupan energi cukup besar, yaitu 84 kKal. Kandungan karbohidratnya sendiri kurang lebih sebanyak 17,8 g, protein 1,5 g, lemak 0,7 g, kalsium 0,01 mg, dan zat besi 0,1 mg. 

Berikut resep dan cara membuat kue apang coe khas Manado yang legit dan gurih

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
180 ml santan dari 1/2 butir kelapa  
150 gram gula merah, disisir halus  
150 gram tepung beras  
130 ml air kelapa  
75 gram tepung terigu protein sedang  
1 sendok teh bumbu spekuk  
1 sendok teh baking powder  
1 lembar daun pandan  
1/2 sendok teh ragi instan  
1/2 sendok teh garam  
Daun pandan besar untuk wadah.

Bahan taburan:
100 gram kelapa, parut kasar 
1/4 sendok teh garam 
1 lembar daun pandan

Cara membuat apang coe asal manado:

1. Bentuk daun pandan besar/lebar menjadi takir-takir. Jika tidak ada, bisa dipakai daun pisang.
2. Rebus gula merah, air kelapa, dan daun pandan, aduk hingga gula larut. Saring. Takar 215 ml.
3. Tuang sedikit-sedikit ke dalam tepung beras sambil diuleni sampai lembut. Dinginkan.
4. Masukkan tepung terigu, ragi instan, santan, garam, dan bumbu spekuk sambil dikeplok-keplok 15 menit. Diamkan 30 menit. 
5. Tambahkan baking powder. Aduk rata. Tuang dalam takir daun pandan.
6. Kukus selama 20 menit ddengan api besar sampai matang.
7. Taburan: aduk rata kelapa parut, garam, dan daun pandan. Kukus 15 menit sampai matang.

Dahulu dalam pembuatan kue apang coe ini dicampur dengan tuak manis agar bisa mengembang. Akan tetapi karena saat ini bahan-bahan pengembang kue, seperti baking soda dan fermipan, sudah semakin banyak, maka tuak manis tidak lagi digunakan dalam pembuatan kue apang coe. Kue apang biasa disajikan dengan taburan parutan kelapa muda dan ditempatkan menggunakan takir yang terbuat dari daun pandan/pisang yang juga memberikan sensasi harum pada kue ini.

Selain menggunakan gula merah, kue apang coe juga dapat divariasikan menggunakan susu, cokelat, atau bahan-bahan manis lainnya untuk membuat variasi rasa. Selain resep dan cara membuat kue apang coe seperti di atas, cara memasak apang coe pun bisa divariasikan. Selain dikukus juga dapat dimasak dengan cara dibakar. Kue apang coe sangat cocok dijadikan camilan yang bersanding dengan teh manis atau kopi. Dan dengan kandungan kalorinya yang cukup tinggi, kue satu ini juga dapat dijadikan salah satu alternatif hidangan sarapan.

No comments:

Post a Comment