Resep dan Cara Membuat Pisang Goreng Balut Kacang

,
Resep dan Cara Membuat Pisang Goreng Balut Kacang

Baca Juga

Resep dan cara membuat pisang goreng balut kacang - Kreasi baru pisang goreng yang lain dari biasanya dapat Anda temukan dalam resep dan cara membuat pisang goreng balut kacang yang akan kami bahas. Jika biasanya pisang goreng dibalut tepung dan digoreng begitu saja, pisang ini dibalut kacang sebelum digoreng.

Gambar Pisang Goreng Balut Kacang

Pisang yang digunakan untuk membuat jajanan ini yaitu pisang tanduk. Pisang ini bentuknya memanjang dan melengkung menyerupai tanduk. Dalam satu sisir hanya ada dua hingga tiga buah saja. Daging buahnya tidak lembek meski sudah matang.

Cara mengolah dan menyajikan pisang goreng balut kacang

Selain dijadikan pisang goreng, pisang tanduk juga dijadikan pisang kukus, pisang rebus, atau isi kue nagasari. Pisang jenis ini juga cocok dibuat nugget pisang. 

Untuk diolah menjadi kue atau pisang goreng, pilih pisang tanduk dengan kulit kuning dan garis-garis kecoklatan. Warna kulit tersebut menandakan pisang sudah masak. Rasa pisang tanduk yang sudah masak lebih manis daripada pisang tanduk yang masih muda.

Pisang tanduk ternyata juga mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Di antaranya menyehatkan fungsi hati, mencegah anemia, meredakan gejala asma ketika kambuh, serta memberi tenaga bagi tubuh sebagai pengganti karbohidrat. 

Buah pisang tanduk juga dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah, menyehatkan pencernaan, dan meningkatkan kinerja jantung.

Kelebihan pisang tanduk juga mudah didapatkan dan harganya tidak terlalu mahal. Pisang tanduk bisa Anda peroleh di pasar atau di supermarket sekitar rumah. Pisang tanduk juga bisa disimpan cukup lama jika dibeli dalam kondisi setengah matang.

Inilah resep dan cara membuat pisang goreng balut kacang yang pasti bisa membuat Anda ketagihan menikmatinya.

Bahan adonan pisang goreng balut kacang

Bahan-bahan:
4 buah pisang tanduk, potong miring 1,5 cm
Bahan pencelup (aduk rata):
100 gram tepung terigu protein sedang 
50 gram tepung beras 
1 sendok makan tepung sagu 
1 sendok teh baking powder 
25 gram gula tepung 
1/4 sendok teh garam 
200 ml air es 

Bahan pelapis:
300 gram kacang tanah kupas, cincang kasar
Bahan saus gula merah:
200 gram gula merah sisir 
100 ml air 
1 lembar daun pandan 
1/4 sendok teh garam 

Bahan saus santan:
400 ml santan dari 1/2 butir kelapa 
1 lembar daun pandan 
1/2 sendok teh garam 
1 sendok makan tepung beras 

Cara membuat pisang goreng balut kacang dengan rasa yang legit

Cara membuat:
1. Celup pisang kedalam bahan pencelup. Gulingkan di kacang.
2. Goreng sampai matang dengan api sedang.
3. Saus gula merah, masak semua bahan dengan api kecil sampai kental.
4. Saus santan, rebus semua bahan sampai kental.
5. Sajikan pisang dengan saus gula merah dan saus santan.

Kudapan manis ini seperti perpaduan rasa pisang goreng dengan kolak pisang kental yang rasanya lebih legit dengan lapisan kacang tanah. Pisang goreng balut kacang ini bisa menjadi solusi hemat untuk Anda yang suka jajan di luar. Jika membuat sendiri, pastinya Anda bisa menyantap makanan ini sepuasnya bersama keluarga.

Sebagai pengganti saus santan dan saus gula merah, Anda juga bisa menggunakan saus susu kental manis atau saus cokelat. Nikmati ketika masih panas ditemani teh hangat. Dijamin Anda tidak akan berhenti mencomot kudapan ini sebelum habis. Semoga resep dan cara membuat pisang goreng balut kacang serta informasi tentang pisang tanduk di atas bermanfaat untuk Anda. Selamat berkreasi.

No comments:

Post a Comment